SITUS KAMI PINDAH KE
Namina Kiky

Sunday, June 16, 2019

Terbongkar Kebohongan AS, Pemilik Tanker Bantah Kapalnya Ditorpedo, AS Ingin Sulut Perang?


Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran terus meningkat. Hanya butuh pemicu untuk jadi alasan AS menyerbu Iran. Pada abad 21, AS hanya butuh pemicu untuk menyerang negara lain.

Pada 2001, AS menyerang Afganistan dengan dalih menumpas Alqaida dan Taliban karena meledakkan menara kembar WTC. AS juga menginvasi Irak pada 2003 dengan tuduhan kepemilikan senjata pemusnah massal, yang ternyata juga tak terbukti.

Kali ini Iran dituduh menyerang dengan torpedo dan ranjau laut terhadap dua tanker milik Jepang dan Norwegia. Benarkah? Sebagaimana dinukil sindonews.com (15/6), pemilik kapal tanker Kokuka Courageous asal Jepang, mengatakan bahwa kapalnya dihantam oleh benda terbang, bukan ranjau laut seperti yang diklaim oleh AS.

Yutaka Katada, presiden Kokaku Sangyo Co, pemilik Kokuka Courageous mengatakan bahwa para pelaut melihat sesuatu terbang ke arah kapal tepat sebelum ledakan dan dampaknya jauh di atas garis air. Artinya bukan torpedo atau ranjau laut. Pasalnya, bila dua senjata itu yang mengenai kapal, bisa dipastikan kerusakan berada di bawah lambung kapal.

Katada menyebut proyektil mendarat secara signifikan lebih tinggi dari permukaan air, jadi pihaknya benar-benar yakin bahwa ini bukan torpedo. Dan tak ada bom waktu atau peledak yang ditempelkan di lambung kapal. Kapal terbakar hebat karena dihantam benda terbang, yang mungkin saja rudal.

Keterangan Katada berseberangan dengan Pusat Komando AS, yang menyebut dua kapal tanker dihantam oleh ranjau laut yang dipasang ke kapal di bawah garis air menggunakan magnet.

Pusat Komando AS kemudian merilis video yang memperlihatkan sebuah kapal patroli Garda Revolusi Revolusi Iran mengeluarkan sebuah ranjau yang tidak meledak dari salah satu kapal tanker, Kokuka Courageous.

Serangan itu terjadi setelah perjalanan dua hari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ke Iran, yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara Washington dan Teheran, yang telah memburuk secara nyata dalam 48 jam terakhir.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengutuk serangan itu dalam sebuah pernyataan dan berjanji untuk bekerja dengan negara-negara terkait untuk mengamankan keselamatan kawasan, tetapi tidak menyebut Iran atau kemungkinan pelaku penyerang lainnya. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyalahkan Iran atas insiden tersebut dan menyebutnya sebagai negara teror.

Iran membantah keras tuduhan AS dan hanya menyebut negeri Abang Sam itu hanya cari gara-gara dan alasan untuk menyerbu Iran. Namun Iran meyakinkan pihaknya sangat siap menghadapi serangan AS.

No comments:

Post a Comment

Berikan Opini Anda Mengenai Artikel Yang Baru Anda Baca Melalui Komentar!

detikNews

GilaBola+

Berita Utama

Contact Form

Name

Email *

Message *

Kategori Berita

Pilpres 2019+

Tag Populer

detikcoy

detikcoy
detikcoy

Tag Populer

Video Terpopuler

Fokus

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama dan halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari tampilan seluler, akan tampil iklan di urutan nomor 2 dari atas apabila dilihat di halaman depan, dan akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman posting.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 250px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama dan tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari smartphone, akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman depan.

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Most Popular

Follow Us

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Posting

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini hanya akan tampil pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Ads 720 x 90

Most Popular