Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Kementerian Kelautan dan Perikanan, Satu-satunya Kementerian yang Minta Anggarannya Diturunkan


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan satu-satunya kementerian yang mampu melakukan efisiensi anggaran yang besar.

Kementrian Kelautan dan Perikanan merupakan satu-satunya kementerian yang anggarannya minta diturunkan, yang tadinya dari Rp 13 triliun menjadi Rp 5,80 triliun.

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Keuangan Tahun 2018 (Lapkeu 2018).

Opini tersebut diberikan setelah BPK melihat peningkatan realisasi anggaran yang dikelola oleh para pejabat komitmen di KKP.

BPK juga mencatat kenaikan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang signifikan di kementerian tersebut sebagai dampak dari melonjaknya ketersediaan sumber daya ikan (SDI) nasional pascatindakan tegas Menteri KP Susi Pudjiastuti dalam menjaga laut RI.

Opini WTP tersebut disampaikan langsung oleh anggota IV BPK RI Rizal Djalil kepada Menteri Susi Pudjiastuti dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan KKP Tahun 2018 di Kantor KKP Jakarta, Selasa (11/6).

Turut hadir dalam acara tersebut adalah pejabat eselon satu KKP, Koordinator Staf Khusus Satgas 115, pejabat eselon dua KKP dan BPK, Direktur Badan Layanan Umum (BLU)–Lembaga Pengelola Moda Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), ser ta para kepala bagian keuangan dan umum di lingkungan KKP.

Rizal Djalil menjelaskan, capaian itu tak lepas dari peningkatan realisasi anggaran yang dikelola oleh para pejabat komitmen di KKP.

Tak hanya dari segi realisasi belanja, BPK juga mencatat perkembangan yang signifikan di bidang PNBP, hal itu tak luput dari peningkatan ketersediaan SDI berkat ketegasan Menteri Susi yang mengambil tindakan-tindakan tegas dalam menjaga laut Indonesia.

“Selamat, tahun ini KKP mendapatkan opini terbaik. Kami berharap PNBP ke depan juga bisa lebih meningkat lagi seiring dengan masifnya dan makin tersedianya sumber daya perikanan kita di laut kita karena tindakan-tindakan yang memang harus kita lakukan berdasarkan hukum kita,” ujar Rizal.
Nadia Kamilatunisa
Halo! Aku Nadia, di blog ini aku akan menulis tentang kesehatan, game, film, sains, dan Filsafat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter