Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Inilah Alasan Mengapa Korea Selatan Maju, Sedangkan Indonesia Belum


Opini, Indocircle.net | Korea Selatan, Merupakan negara kecil yang terletak di Asia Timur yang kini sudah menjadi negara maju dan menjadi kiblat lagu pop budaya mereka yaitu KPOP, dan juga drama Korea yang saat ini diminati oleh remaja indonesia, namun jujur kami tidak begitu menyukai nya.

Tak Punya Sumber Daya Alam


Sumber : indocircle.net

Siapa sangka ternyata negara korea yang saat ini sangat maju dan modern ternyata dulu nya adalah negara kecil yang miskin, Lalu mengapa mereka sekarang sangat maju? Faktor pertama adalah mereka lebih serius dalam membangun perindustrian karena seperti yang saya bilang tadi, bahwa korea selatan ini adalah negara kecil dan tidak mempunya Sumber Daya Alam apa-apa.

Mereka sadar bahwa mereka kekurangan Sumber Daya Alam, Pada tahun 1960an mereka mulai serius membangun industru,  revolusi industri yang memesat, Mereka mencoba membuat sepeda, merakit mobil dan membuat alat-alat elektronik, Contohnya seperti samsung, merk elektronik yang sudah beken ini adalah contoh suksesnya perindustrian korea selatan dan juga mobil merk Hyundai, yang kini menjadi salahsatu produsen mobil besar didunia.

Lalu mengapa Indonesia belum maju?


Indonesia dan Korea Selatan memiliki banyak kesamaan, Korea Selatan dan Indonesia pada tahun 1950-an memiliki kekuatan ekonomi dan iklim politik yang sama, Sesudah merdeka indonesia dan korsel membangun ekonomi nya masing-masing, Indonesia membangun ekonomi di sektor sumber daya alam seperti Perkebunan, Pertambangan, Migas dan Wisata, Sedangkan korea selatan lebih fokus ke sektor industri, dan Pemberdayaan manusia nya, ya seperti yang saya Bilang tadi mereka tak punya SDA.

Tidak dapat dipungkiri memang sektor industri jauh lebih menguntungkan daripada sektor SDA, Indonesia tertinggal jauh dari korea karena hal ini, Apalagi karena adanya Krismon (Krisis Moneter) Membuat indonesia semakin tertinggal dari korea selatan, Namun Korea Selatan juga sama dengan indonesia terkena  Krisis Moneter pada tahun 1997, Setahun sebelum era reformasi indonesia.

Indonesia Bisa Semaju Korea Selatan?


Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan dapat tumbuh lebih baik pada 2045 mendatang. Dengan syarat tak hanya mengandalkan Sektor SDA saja, Melainkan industri juga harus dibangun di indonesia, Seperti yang pernah dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang PS Brodjonegoro.

"Jadi masa depan Indonesia jangan lagi tergantung sumber daya alam (SDA), itu menjerumuskan sekali. Karena SDA kan berfluktuasi kalau bagus semua senang, kalau jelek ya susah semua," jelas dia.

Bambang mengatakan, dengan terciptanya daya saing di SDM maka mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Daya saing berbasis teknologi dan manusia dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata," terang Bambang.

Dia menjelaskan untuk mencapai Indonesia yang lebih baik pada 2045 ada empat pilar yang tidak bisa dilepaskan dari dunia untuk Indonesia.

"Pertama megatren yang menjadi referensi untuk membuat proyeksi pertumbuhan Indonesia, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan Iptek sangat dibutuhkan untuk masa depan Indonesia," pungkasnya.

Penutup

Indonesia mampu bersaing dengan korea, jepang atau bahkan negara semaju Amerika, Asalkan Sumber Daya Manusia nya diperbaiki, Tingkatkan kualitas pendidikan di indonesia maka bukan tidak mungkin indonesia akan jadi negara maju selanjutnya, Adapun beberapa alasan agar indonesia maju, yaitu harus tidak bergantung pada kekuatan Sumber Daya Alam nya saja, Namun kita juga harus memperkuat kekuatan kita di sektor Industri, Buat indonesia jadi negara produsen! Bukan lagi Konsumen!

Daniel Dwi Adrian
Seorang pria yang suka dengan sejarah dan juga internet, tertarik pada ideologi, politik, dan militer.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter