Anggap Jaringan 5G Kuno, China Sedang Kerjakan Teknologi 6G

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Anggap Jaringan 5G Kuno, China Sedang Kerjakan Teknologi 6G

Daniel Dwi Adrian
Tuesday, June 4, 2019

Indocircle.net | 2019 Menjadi tahun besar bagi pertumbuhan teknologi jaringan 5G ini, yang masih sangat baru sekali muncul, Namun saat internet generasi kelima baru dimulai di bidang telekomunikasi, sudah banyak yang memikirkan 6G. Hal ini sangat mengherankan, berita tersebut datang dari China.

Pihak yang tengah menggarap 6G adalah China Mobile dan Universitas Tsinghua. Laman Giz China menyebutkan, keduanya telah mengumumkan kerja sama, untuk mempromosikan "produksi dan pembelajaran", mempercepat inovasi dari teknologi dasar utama, dan memandu transformasi dan industrialisasi inovasi teknologi.

Rincian perjanjian, termasuk di antaranya, mereka akan melakukan kerja sama penelitian ilmiah di jaringan komunikasi bergerak di masa depan, internet generasi berikutnya dan internet seluler, internet industri, kecerdasan buatan dan bidang utama lainnya untuk teknologi 6G. Lembaga penelitian bersama juga akan segera dibentuk untuk menciptakan teknologi, solusi, dan produk terkemuka.

Sekaligus mempromosikan transformasi teknologi. Kita ingat bahwa China Mobile dapat mengandalkan tim penelitian dan pengembangan penuh waktu yang terdiri lebih dari 10.000 orang. Bahkan tercatat proyek ini pengeluaran tahunannya untuk sains dan teknologi melebihi 20 miliar yuan. Masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang apa potensi sebenarnya dari teknologi 6G.

Akan tetapi bukan tidak mungkin kita dapat menggunakan teknologi tersebut dalam waktu dekat. Bahkan ada kabar perusahaan LG telah memulai eksperimennya sendiri di sektor tersebut.

Yang Chaobin, Presiden Produk 5G Huawei, mengatakan, meskipun beberapa orang berbicara tentang 6G, kedatangan jaringan generasi berikutnya bisa terjadi tidak bisa lebih awal dari tahun 2030. Oleh karena itu, dari sekarang hingga 2030, itu adalah era 5G.