Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Miris! Punya Jasa Besar Bagi Indonesia, Orang Ini Justru Mati di Tangan Anak Bangsa


Miris! Punya Jasa Besar Bagi Indonesia, Orang Ini Justru Mati di Tangan Anak Bangsa - Banyak pahlawan Indonesia yang kini diagungkan dan dikenang jasanya. Mereka mempunyai jasa yang sangat besar hingga ibu pertiwi bisa lepas dari cengkraman penjajah.

Tapi, pahlawan yang satu ini justru terlupakan. Dia adalah Tan Malaka, seorang pemuda asal Sumatera Barat. Namanya memang terkenal kontroversial lantaran dianggap dekat dengan gerakan komunisme.

Tan Malaka bisa dibiliang sosok pejuang kemerdekaan yang komplit. Kemampuan intelektualnya tidak bisa diragukan lagi. Bahkan Tan Malaka sendiri yang pertama mencetuskan nama Republik Indonesia dalam buku yang berjudul Naar de Republiek Indonesia, yang terbit pada tahun 1925.

Mahakaryanya itu yang menginspirasi Hatta, Sjahrir, bahkan Soekarno. Selain berjasa dalam bidang intelektual, Tan Malaka juga punya jasa penting melawan Belanda lewat jalur perang. Ia punya kemampuan menghimpun massa yang luar biasa.

Perjuangannya juga sangat berat karena beberapa kali Tan Malaka harus masuk ke jeruji besi kompeni. Sosoknya dulu dianggap oleh Belanda sebagai pemberontak kemerdekaan.

Sayang seribu sayang, jasanya seolah dilenyapkan di negeri sendiri. Ia bahkan mati dibawah peluru tentara Indonesia. Dilansir boombastis.com (04/08/2018), Tan Malaka dibunuh oleh Tentara Indonesia pada tahun 1949 di Kediri, Jawa Timur.

Tahun 1963, Soekarno memberikan gelar pahlawan nasional kepadanya. Sayang di jaman orde baru jasanya semakin tenggelam. Buku-bukunya bahkan dilarang beredar karena dianggap dekat dengan gerakan kiri.
Daniel Dwi Adrian
Seorang pria yang suka dengan sejarah dan juga internet, tertarik pada ideologi, politik, dan militer.

Related Posts

2 comments

  1. Tan Malaka Meninggal 1949 Om,Komunis Tan Malaka Jgn Kalian Samakan Dengan Nyoto,Muso Dan Aidit,Bahkan Tan Malaka Sangat Di Musuhi Oleh Muso Dan Aidit Cs,Tan Mengusung Komunis Disaat Bangsa Ini Msh Dijajah,Karna Ketika Itu Haluan Komunis Yg Bisa Dihadapkan Dengan Kaum Imperialis,Inti nya Bagi Tan,Komunis Hanya Sebagai Alat (Kendaraan Utk Mengusir Penjajah Dan Merdeka) Bkn Sebagai Tujuan. TAN MALAKA ADALAH BPK BANGSA

    ReplyDelete
  2. mmg awalnya tan malaka brjuang utk bangsa, namun syang,, d akhir hayatnya beliau brtemu mayor sabarudin, brgabung dgn komplotan pmberontak muso, justru ide dr pmbantaian dr tan malaka,, saat pnggerebekan d kediri, tan malaka dn mayor sabarudin berhasil lolos, namun d tengah pelarian brtemu dgn pasukan yg mmburunya, d sungai daerah tulungagung, saat itu jg tan malaka d tembak d tempat,, dn tdk ad yg tau jenazahnya d kubur d mana, sampe skrg tdk d temukan

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan Opini Anda Mengenai Artikel Yang Baru Anda Baca Melalui Komentar!

Subscribe Our Newsletter