Miris! Punya Jasa Besar Bagi Indonesia, Orang Ini Justru Mati di Tangan Anak Bangsa

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Miris! Punya Jasa Besar Bagi Indonesia, Orang Ini Justru Mati di Tangan Anak Bangsa

Daniel Dwi Adrian
Monday, May 20, 2019

Miris! Punya Jasa Besar Bagi Indonesia, Orang Ini Justru Mati di Tangan Anak Bangsa - Banyak pahlawan Indonesia yang kini diagungkan dan dikenang jasanya. Mereka mempunyai jasa yang sangat besar hingga ibu pertiwi bisa lepas dari cengkraman penjajah.

Tapi, pahlawan yang satu ini justru terlupakan. Dia adalah Tan Malaka, seorang pemuda asal Sumatera Barat. Namanya memang terkenal kontroversial lantaran dianggap dekat dengan gerakan komunisme.

Tan Malaka bisa dibiliang sosok pejuang kemerdekaan yang komplit. Kemampuan intelektualnya tidak bisa diragukan lagi. Bahkan Tan Malaka sendiri yang pertama mencetuskan nama Republik Indonesia dalam buku yang berjudul Naar de Republiek Indonesia, yang terbit pada tahun 1925.

Mahakaryanya itu yang menginspirasi Hatta, Sjahrir, bahkan Soekarno. Selain berjasa dalam bidang intelektual, Tan Malaka juga punya jasa penting melawan Belanda lewat jalur perang. Ia punya kemampuan menghimpun massa yang luar biasa.

Perjuangannya juga sangat berat karena beberapa kali Tan Malaka harus masuk ke jeruji besi kompeni. Sosoknya dulu dianggap oleh Belanda sebagai pemberontak kemerdekaan.

Sayang seribu sayang, jasanya seolah dilenyapkan di negeri sendiri. Ia bahkan mati dibawah peluru tentara Indonesia. Dilansir boombastis.com (04/08/2018), Tan Malaka dibunuh oleh Tentara Indonesia pada tahun 1949 di Kediri, Jawa Timur.

Tahun 1963, Soekarno memberikan gelar pahlawan nasional kepadanya. Sayang di jaman orde baru jasanya semakin tenggelam. Buku-bukunya bahkan dilarang beredar karena dianggap dekat dengan gerakan kiri.