Kenapa Negara Ini Dinamakan Indonesia? Ternyata ini Asal-Usulnya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Kenapa Negara Ini Dinamakan Indonesia? Ternyata ini Asal-Usulnya

Daniel Dwi Adrian
Sunday, May 19, 2019

Kenapa Negara Ini Dinamakan Indonesia? Ternyata ini Asal-Usulnya - Tahukah Anda siapa orang yang pertama kali menamakan negara ini ‘Indonesia’? Dan mengapa dinamakan ‘Indonesia’?

Sebenarnya ada banyak nama yang ‘ditempelkan’ bangsa-bangsa lain ke negara kita. Misalnya, bangsa India yang menamai negara kita Dwipantara, yang berarti Kepulauan Tanah Seberang.

Sejarah Nama Indonesia


Bangsa Arab menyebut negara kita Jaza’ir al-Jawi, yang artinya Kepulauan Jawa. Selanjutnya, bangsa Tiongkok menyebut Nan Hai, yang artinya Kepulauan Laut Selatan, seperti yang dilansir di grid.id (18/05/19).


Kemudian datanglah bangsa-bangsa Eropa ke Tanah Air kita. Mereka menamai daerah yang terbentang luas ini dengan sebutan ‘Hindia’.

Karena negara kita saat itu menjadi wilayah jajahan Belanda, maka disebut-lah ‘Hindia Belanda’.

Lantas, kapan negara ini pertama kalinya dinamakan ‘Indonesia’?

Orang yang pertama kali menamakan Tanah Air ini dengan sebutan Indonesia ialah James Richardson Logan, ilmuwan asal Skotlandia pada tahun 1847.

Logan menggabungkan dua kata, yakni ‘India’ yang menghasilkan banyak rempah-rempah dengan ‘nesos’, yang artinya kepulauan. Kemudian terbentuklah kata ‘Indonesia’.


Guru besar Universitas Berlin, Adolf Bastian kemudian mempopulerkan nama Indonesia ke seluruh dunia. Hingga pada 17 Agustus 1945, nama Indonesia dikukuhkan sebagai nama negara kita, seperti yang dilansir di jadiberita.com (18/05/19).

Demikian asal-usul negara ini dinamakan Indonesia. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.