Karena Game Online PUBG dan cs, Bisa Bikin Indonesia Rugi

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Karena Game Online PUBG dan cs, Bisa Bikin Indonesia Rugi

Daniel Dwi Adrian
Saturday, May 18, 2019

Karena Game Online PUBG Cs, Bisa Bikin Indonesia Rugi - Maraknya aplikasi game online seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire dan lainnya, diprediksi dapat berpotensi memperlebar neraca pembayaran Indonesia (NPI). Bank Indonesia pun memberikan perhatian khusus pada industri tersebut.

digame online seperti ini menawarkan fitur-fitur menarik yang tidak gratis yang harus dibeli masyarakat secara online menggunakan uang asli, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah, mengatakan jika game berbayar saat ini tumbuh pesat di Indonesia.

Apalagi pertumbuhan internet mencapai lebih dari 50 persen. Jika pertumbuhan game online ini semakin meningkat, dia sependapat dengan kekhawatiran bank sentral jika kondisi tersebut dapat merugikan indonesia lewat mengganggu Neraca Pembayaran Indonesia.

"Jadi penetrasi dan pertumbuhan game online ini bisa dipastikan sangat tinggi. Kalau ini dibiarkan akan mengganggu neraca pembayaran," kata Piter, Rabu (27/3).

Piter pun meminta pemerintah meregulasi kembali tentang impor fitur-fitur in-game online seperti PUBG, Mobile Legends atau Free Fire tersebut. Namun di sisi lain juga harus mengedepankan industri kreatif. Bisnis startup asal Indonesia juga dinilai bisa membantu meningkatkan neraca pembayaran.

"Pemerintah harus memikirkan regulasi penetrasi game online ini. Di sisi lain mendorong tumbuhnya startup yang fokus di bidang ini. Kalau bisa punya unicorn, sangat membantu neraca pembayaran, setidaknya mengurangi defisit di neraca perdagangan," jelasnya.