Inilah Orang Indonesia yang Jadi Penghianat Bangsa Pada Perjanjian Renville

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Inilah Orang Indonesia yang Jadi Penghianat Bangsa Pada Perjanjian Renville

Daniel Dwi Adrian
Monday, May 20, 2019

Inilah Orang Indonesia yang Jadi Penghianat Bangsa Pada Perjanjian Renville - Dalam pertemuan atau yang dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville, ternyata ada beberapa hal yang wajib kita ketahui diantaranya adalah perwakilan Belanda pada perjanjian tersebut diwakili oleh Warga Indonesia yang bernama Raden Abdulkadir Widjojoatmodjo.

Raden Abdulkadir Widjojoatmodjo ini memang lahir pada tanggal 18 Desember 1904 di Salatiga. Dia lahir dari keluarga sebagai pegawai negeri Jawa yang sangat loyal kepada pemerintah kolonial Hindia Belanda. Hal ini seperti diungkapkan oleh harian Nederlandsche Dagbladpers te Batavia (14/01/1948) dalam sebuah artikel berjudul "Abdulkadir", menjadi ambtenaar selepas lulus sekolah menengah kolonial.

Selain itu Raden Abdulkadir Widjojoatmodjo pernah bekerja di kantor wedana, sebelum dia dipindah tugaskan menjadiKonsulat Belanda di Jeddah.

Dari pihak Indonesia perundingan ini diwakili oleh Mr. Amir Syarifudin, sedangkan perwakilan pihak Belanda oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo, dia merupakan seorang Indonesia yang telah memihak kepada Belanda.

Padahal dalam masa perjuangan kemerdekaan sepenuhnya, semua warga Indonesia berperan aktif melawan penjajah, namun hal berbeda dilakukan oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo, dia merupakan seorang Indonesia yang telah memihak kepada Belanda.

Demi bisa menjaga karirnya dia rela menjadi penghianat bangsa dan menjadi cukong bagi penjajah Belanda.