Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Fakta-fakta Unik Planet Saturnus, Yang Wajib Kamu Ketahui!


Fakta-fakta Unik Planet Saturnus, Yang Wajib Kamu Ketahui! - Halo readers! Sudah tahu belum fakta-fakta unik tentang planet yang memiliki cincin indah ini? Jika belum? baca dibawah ini ya!

Saturnus adalah planet keenam di tata surya kita. Ukurannya relatif besar, bahkan bisa dibilang sebagai planet raksasa di Bima Sakti. Selain itu Saturnus memiliki cincin di sekitarnya, sehingga membuat planet ini lebih unik dibandingkan anggota planet yang lain.

Namun meski berukuran besar, ternyata saturnus adalah planet gas sehingga relatif ringan.

Nah, untuk lebih mengenal Planet Saturnus, yuk simak beberapa fakta berikut.

1. Tak Bisa Di Pijak


Planet Saturnus sebagian besar terbuat dari gas yang sebagian besar di dominasi helium.Kita tidak bisa berdiri/mendarat di permukaan planet ini seperti yang kita lakukan di Bumi karena planet ini adalah planet gas,bukan planet batuan seperti Bumi dan Mars.

2. Tebal Cincin


Cincin Saturnus sangat besar tapi tipis.Sangat menarik untuk mengetahui bahwa cincin utamaplanet ini membentang hampir mencapai jarak Bumi dan Bulan.Namun cincin ini hanya memiliki tebal sekitar 1 kilometer.

3. Penglihatan Dari Bumi


Jika kita melihat Saturnus dari Bumi menggunakan teleskop,hanya cincinnya saja yang terlihat.

4. Satelit Saturnus

Saturnus memiliki 53 bulan yang sudah memiliki nama ditambah 16 bulan tambahan yang menunggu untuk konfirmasi secara resmi.

5. Wahana Pertama Yang Mengeksplorasi Saturnus


Pesawat ruang angkasa pertama yang terbang dekat Saturnus adalah Pioneer 11, yang diluncurkan pada tahun 1973 dan tiba di Saturnus pada tahun 1979.

6. Hari Di Saturnus


Di Bumi,satu hari sama dengan 24 jam.Sedangkan di Saturnus, 1 hari hanya berlangsung 10 jam 39 menit.

7. Planet Paling Datar Di Tata Surya


Saturnus berputar pada kecepatan 6.200 mil per jam yang menghasilkan tonjolan di khatulistiwadan kutub yang datar. Ada juga yang mengatakan bahwa Saturnus adalah planet paling datar di tata surya.

8. Keunikan Titan


Titan adalah bulan terbesar Saturnus dan merupakan satu-satunya bulan yang dikenal yangmemiliki atmosfer yang cukup besar, yaitu sekitar 370 mil, 10 kali lebih tebal dari atmosfer bumi.

9. Setahun Di Saturnus


Karena Saturnus lebih jauh dari Matahari,planet ini akan memakan waktu hampir 30 tahun waktu Bumi untuk mengorbit Matahari.

10. Jumlah Wahana Yang Pernah Mengunjungi Saturnus


Saturnus hanya dikunjungi 4 kali oleh wahana luar angkasa, yaitu Pioneer 11, pada tahun 1979,yang merupakan wahana pertama yang mencapai Saturnus.Berikutnya datang Voyager 1 pada tahun 1980, kemudian Voyager 2 pada tahun 1981 dan akhirnya Cassini pada tahun 2004.
Sampai saat ini,Cassini masih mengorbit disekitar Saturnus dan mengirim gambar cincin dan bulan-bulan Saturnus kembali ke Bumi.
Nadia Kamilatunisa
Halo! Aku Nadia, di blog ini aku akan menulis tentang kesehatan, game, film, sains, dan Filsafat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter