Biografi Komodor Yos Sudarso Lengkap

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ads 720 x 90

Biografi Komodor Yos Sudarso Lengkap

Daniel Dwi Adrian
Thursday, May 2, 2019

Biografi Komodor Yos Sudarso Lengkap - Komodor Yos Sudarso adalah legenda TNI AL Indonesia berkat jasa nya dalam memperebutkan Irian Barat Yang dikuasai oleh belanda, Yos Sudarso atau nama lengkap nya Laksamana Madya TNI (Ant.) Yosaphat Soedarso gugur dalan misi saat operasi Tri Komando Rakyat atau biasa disebut TRIKORA.


Yos Sudarso gugur dalam MTB RI Matjan Tutul 650 karena ditembak oleh kapal armada angkatan laut Belanda yang bernama Hr. Ms. Eversten Pada Tahun 15 Januari 1962.

Yos Sudarso Gugur di MTB RI Matjan Tutul 650


Saat kapal patroli Neptune mempergoki Formasi Kapal MTB RI, Perang di laut Arafura pun terjadi tembak menembak antara kapal destroyer belanda dengab kapal MTB Indonesia tidak terelakan, dan saat itu Komodor Yos Sudarso mengeluarkan perintah legenderis yang berbunyi :

Kobarkan Semangat Pertempuran!

-Komodor Madya Yos Sudarso-  


Seketika Semua Para ABK Kapal MTB RI Tertarik moral nya dan semangat melawan kapal - kapal destroyer Belanda, Namun keadaan semakin terdesak komodor Yos Sudarso mengambil keputusan dengan mengalihkan perhatian para kapal destroyer belanda agar tidak menembak kepada MTB RI Lain nya, dengan cara Berbelok mendekati kapal destroyer Belanda, Hal ini behasil MTB RI Lain nya dapat lolos namun MTB RI Matjan Tutul 650 yang dikomando oleh Komodor Yos Sudarso Meledak, Setelah ditembak kapal Destroyer Belanda Hr. Ms. Eversten yang menyebabkan Yos Sudarso gugur.



Biografi Yos Sudarso



Nama : Yosaphat Soedarso
Lahir : 24 November 1925 Salatiga, Jawa Tengah
Gugur : 15 Januari 1962 (umur 36) Bendera Indonesia Laut Aru, Papua
Pangkat Tertinggi : Laksamana Madya (Anumerta)
Satuan / Korps : TNI Angkatan Laut Indonesia

Tonton Video Dokumentasinya :