Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Biografi, Budaya, Tradisi Suku Sunda Jawa Barat

Gadis sunda

Biografi, Budaya, Tradisi Suku Sunda Jawa Barat - Halo sobat semua, Kali ini kita akan membahas kategori biografi dan budaya, yang akan kita bahas kali ini adal suku sunda, Suku sunda merupakan penduduk asli pulau jawa bagian barat yang mempunyai kerjaan terkenal seperti Tarumanaga, Pajajaran DLL, Suku sunda memiliki tradisi dan budaya yang menarik untuk dipelajari, Mari simak artikel kita berikut.

Sejarah Suku Sunda (Sundanese)

Suku sunda atau dalam bahasa inggris Sundanese dan dalam Aksara Sunda ditulis ᮅᮛᮀ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ
Adalah suku yang berasal dari jawa barat, Menurut Rouffaer (1905: 16) menyatakan bahwa kata Sunda berasal dari akar kata sund atau kata suddha dalam bahasa Sansekerta yang mempunyai pengertian bersinar, terang, berkilau, putih (Williams, 1872: 1128, Eringa, 1949: 289).

Dalam bahasa Jawa Kuno (Kawi) dan bahasa Bali pun terdapat kata Sunda, dengan pengertian: bersih, suci, murni, tak tercela/bernoda, air, tumpukan, pangkat, waspada (Anandakusuma, 1986: 185-186; Mardiwarsito, 1990: 569-570; Winter, 1928: 219)

Orang Sunda meyakini bahwa memiliki etos atau karakter Kasundaan, sebagai jalan menuju keutamaan hidup. Karakter orang Sunda yang dimaksud adalah ;

Cageur (sehat),
Bageur (baik),
Bener (benar),
Singer (mawas diri),
Wanter (berani) dan
Pinter (cerdas).

Karakter ini telah dijalankan oleh masyarakat Sunda sejak zaman Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda-Galuh, Kerajaan Pajajaran hingga sekarang.

Bahasa Suku Sunda

Bahasa yang digunakan suku sunda adalah bahasa Sunda, atau dalam Aksara sunda ditulis ᮘᮞ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ, Bahasa ini merupakan bahasa yang terbanyak digunakan kedua setelah bahasa jawa, bahasa ini tersebar di provinsi banten, dan jawa barat.

Budaya Suku Sunda


Tari Jaipong


Suku sunda mempunyai budaya dan tradisi yang menarik dan unik yang sampai saat ini masih dipertahankan walupun sekarang sudah banyak yang tidak melestarikan, Alat musik Angklung, Calung, Suling, Saron, Atau Baju adat Pangsi, Kebaya, Dan masih banyak lagi, Untuk Tari - tarian suku sunda memiliki tarian yang bernama tari jaipong, dan masih banyak lagi.

Ciri Khas dan Keunikan Suku Sunda

Suku sunda mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri dari suku - suku diindonesia lain nya, Namun yang umun atau sering kita denger Ciri khas orang sunda itu gak bisa ngomong F? Kata siapa, Pitnah itu!

  • Orang sunda kalau ngomong sesuatu itu pasti ada kata tambahan atau imbuhan, yaitu ada kata Mah, Teh, Sok, Atuh, Da.
  • Tidak suka hidup merantau, itu ciri khas orang sunda yang memiliki tagline 'Hirup Sauyunan' Yang berprinsip lebih baik hidup biasa - biasa saja bersama kerabat dan keluarga yang penting hidup di kampung halaman, walupun sekarang udah banyak yang merantau karena ingin belajar atau bekerja.
  • Jago bikin singkatan, ya orang sunda itu jago bikin singkatan misalkan CiLok (Aci dicolok), Combro (Oncom dijero), Cireng (Aci digoreng).
  • Ramah dan Murah senyum (Kalau ini sih gak semua nya begini, tapi ya lumayan banyak orang sunda yang begini)
  • Larangan menikah dengan suku jawa, Saat itu, kerajaan majapahit yang berasal dari Jawa timur dengan kejam telah membunuh raja Padjajaran dan putrinya. Terbawa oleh dendam masa lalu tersebut, munculah larangan yang melarang wanita sunda menikahi seorang pria dari suku jawa, namun ini hanya urban legends saja, banyak kok sekarang yang suku sunda sama suku jawa menikah bahagia.
  • Dan masih banyak lagi
Oke segini dulu artikel biografi kita, jika ada yang kurang, komentar ya.

Related Posts

2 comments

Post a Comment

Berikan Opini Anda Mengenai Artikel Yang Baru Anda Baca Melalui Komentar!

Subscribe Our Newsletter