Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Apa itu Arti Makar? Pengertian Kasus Makar dan Hukuman Bagi Terdakwa Makar


Apa itu Arti Makar? Pengertian Kasus Makar dan Hukuman Bagi Terdakwa Makar - Pada Pilpres 2019 ini sangat banyak kasus Makar terjadi di indonesia yang menjerat para tokoh politik tanah air, Istilah makar menurut guru besar hukum pidana Prof Hibnu Nugroho merupakan.

"Menilik dari asal-usul kata aslinya, 'makar' berasal dari bahasa Arab, yaitu makron, masdar, yang berarti menipu, memerdaya, membujuk, mengkhianati, mengelabui, perbuatan makar," kata Prof Hibnu Nugroho

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Makar  artinya adalah kegiatan atau usaha untuk menjatuhkan pemerintahan, menghianati seseorang atau perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya.

Maka dari itu perbuatan makar tidak boleh dilakukan karena itu adalah perbuatan yang melanggar hukum yang ada di indonesia, Hati-hati jika kamu terlibat ke kasus Makar karena hukuman nya itu berat lho, mau tahu? Baca dibawah ini.

Hukuman Bagi Pelaku / Tersangka Makar


Kitab Undang-undang Hukum Pidana menyatakan bahwa makar adalah kejatahan terhadap keamanan negara. Tindakan makar diatur KUHP di pasal 104, 107 dan 108, dengan ancaman hukuman mati. Pasal-pasal ini mengatur pidana kejahatan terhadap presiden dan wakilnya, dan juga ancaman pidana terhadap para penggerak makar.

Bunyi pasal-pasal itu adalahsebagai berikut:

1. Bunyi pasal 104: Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakankemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana matiatau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama duapuluh tahun.

2. Bunyi pasal 107: (1) Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam denganpidana penjara paling lama lima belas tahun.

(2) Para pemimpin dan pengaturmakar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup ataupidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

3. Bunyi Pasal 108

(1) Barang siapa bersalahkarena pemberontakan, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belastahun:

1. orang yang melawanpemerintah Indonesia dengan senjata;

2. orang yang dengan maksudmelawan Pemerintah Indonesia menyerbu bersama-sama atau menggabungkan diri padagerombolan yang melawan Pemerintah dengan senjata.

(2) Para pemimpin dan parapengatur pemberontakan diancam dengan penjara seumur hidup atau pidana penjarasementara paling lama dua puluh tahun.

Jadi usaha-usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan makar sangat dilarang di indonesia, jadi buat kamu jangan coba-coba berbuat makar ya gaes!
Daniel Dwi Adrian
Seorang pria yang suka dengan sejarah dan juga internet, tertarik pada ideologi, politik, dan militer.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter