Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Ada Dua Kapal Perang Besar dan Pesawat Tempur Asing di Sekitar Indonesia, Memantau Hasil Pemilu?


Ada Dua Kapal Perang Besar dan Pesawat Asing di Sekitar Indonesia, Memantau Hasil Pemilu? - Kapal induk Prancis Charles de Gaulle dan kapal pendarat marinir (semi kapal induk) HMAS Canbera milik Australia berada di perairan Indonesia. Dua kapal raksasa ini merupakan flagship dari Prancis dan Australia. Selain latihan dan muhibah, adakah maksud lain?

Bukan kebetulan menjelang 22 Mei dua kapal raksasa pengangkut pasukan ada di perairan Indonesia. Juga publik tak akan tahu kapal induk Prancis berada dekat Sumatera, bila tidak ada pendaratan darurat tujuh jet tempur Rafale.

Kapal induk Charled de Gaulle berada 100 mil barat Sumatera (Foto: enta-bretnage.fr)


Sebagaimana diberitakan cnnindonesia.com (18/5), tujuh jet tempur Rafale milik Prancis itu terpaksa mendarat di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Sabtu (18/5) siang.

Mereka tak bisa balik ke kapal induk Charles De Gaulle, karena cuaca buruk di Samudera Hindia. Kapal induk tersebut diketahui berada sekitar 100 mil laut dari barat Sumatra. Menurut Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief H seperti dilansir Antara, sebelum mendarat mereka telah memberi tahu dan berkoordinasi dengan baik.

Prosedur pengamanan dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kru pesawat tempur jenis Rafale. Dari mereka diketahui, Militer Prancis menggelar latihan udara ke udara (exercise air to air) dengan rute kapal induk Charles De Gaule ke udara, dan kembali lagi ke kapal induk. Namun karena cuaca buruk di sekitar kapal induk, pendaratan pun menjadi berbahaya dan memilih mendarat di Aceh.

Kapal Pendarat Marinir Australia


Pada Sabtu 18 Maret, giliran kapal perang Angkatan Laut Australia dari kelas Canberra, HMAS Canberra (LHD-02), kapal perang terbesar negara benua itu, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

HMAS menjadi fokus perhatian dari kunjungan muhibah Gugus Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 Angkatan Bersenjata Australia ke Indonesia kali ini. Kapal ini memiliki fungsi sebagai kapal induk namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Kapal ini umumnya mengangkut helikopter dan pesawat tempur berkemampuan lepas-landas dan mendarat secara vertikal alias VTOL— kapal perang ini menjadi penjuru utama misi kunjungan muhibah ini.

Di dalam daftar arsenal NATO, pesawat tempur yang memiliki kemampuan itu di antaranya adalah British Aerospace Harrier II atau McDonnel Douglas AV-8B Harrier II atau Lockheed Martin F-35B Lighting II. Australia memesan F-35A untuk Angkatan Udara Australia yang tidak dirancang memiliki teknologi VTOL.

Di dalam lambung kapal perang berukuran panjang 230,85 meter dan tinggi 32 meter serta bobot sarat 33.000 ton namun draft (bagian kapal yang terbenam di bawah permukaan air) cuma tujuh meter ini turut serta Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Laksamana Madya Michael Noonan, dan Komandan Gugus Tugas Gabungan Indo-Pacific Endeafour 2019, Marsekal Pertama Rick Owen.

Sebagai flag ship dalam misi itu, HMAS Canberra diiringi dua kapal lagi, yaitu kapal perang dari kelas fregat berpeluru kendali HMAS Newcastle (FFG 06) dan HMAS Sussex yang berfungsi sebagai kapal pendukung, namun tidak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok.

HMAS Canberra merupakan kapal semi induk (Foto: netralnews.com)

Gugus Tugas Gabungan Indo-Pacific 2019 ini telah berlabuh sebelumnya di India, Sri Lanka, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sesudah Jakarta, mereka akan kembali ke kota pangkalannya di Sydney.

Namun kehadiran dua kapal perang ini seperti memberi sinyal kuat, bila pascaPemilu rusuh dan tak terkendali, negara lain sangat siap masuk. Minta atau tidak diminta, sebagaimana yang terjadi di Suriah dan Libya. Suksesi di Mesir dan Turki juga nyaris mengalami hal yang sama, namun militer berhasil menguasai keadaan sehingga campur tangan asing tak terjadi.

HMAS Canberra di Tanjung Priok (Foto: liputan6.com)

Daniel Dwi Adrian
Seorang Pelajar SMK Jurusan TKJ, Yang Tertarik Pada Dunia IT disini saya akan membahas seputar Teknologi, Gadget dan Game

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter