SITUS KAMI PINDAH KE
Namina Kiky

Wednesday, May 1, 2019

Ternyata Lubang Hitam Yang Memancarkan Jet Aneh Karena Menyeret Ruang Waktu


Ternyata Lubang Hitam Yang Memancarkan Jet Aneh Karena Menyeret Ruang Waktu - Para astronom menemukan sebuah lubang hitam yang menyemburkan awan plasma yang tidak seperti biasanya dari yang pernah teramati, berdasarkan data-data pengamatan yang telah dilakukan secara terorganisir melalui teleskop berbasis daratan terhadap lubang hitam yang dikenal sebagai V404 Cygni.

Mereka melaporkan hasil temuannya di jurnal Nature. “Ini adalah salah satu sistem lubang hitam paling luar biasa yang pernah saya temui,” kata ahli astrofisika James Miller-Jones dari International Centre for Radio Astronomy Research (ICRAR) di Curtin University, Australia.

“Seperti pada kebanyakan lubang hitam, ia akan melahap berbagai bintang yang mendekat, menghisap gas dari bintang tersebut dan menjadikannya sebagai piringan material yang mengelilingi lubang hitam dan berputar ke arahnya di bawah pengaruh gravitasi.


“Apa yang berbeda dalam V404 Cygni adalah bahwa kami pikir piringan material dan lubang hitam tidak selaras. Ini tampaknya menyebabkan bagian dalam cakram bergetar seperti gasing berputar dan menembakkan jet ke arah yang berbeda saat ia mengubah orientasinya.”

Para peneliti menggunakan jaringan 10 teleskop radio yang disebut Very Long Baseline Array untuk mengamati lubang hitam V404 Cygni selama dua minggu yang berjarak hampir 7.800 tahun cahaya dari Bumi, selama peristiwa ledakan jet yang terjadi di tahun 2015.

Hasilnya menunjukkan bahwa jet yang dihasilkan dari lubang hitam bergoyang-goyang pada skala waktu yang jauh lebih cepat daripada yang pernah dilihat oleh para ilmuwan saat ini — mengubah orientasinya dalam hitungan jam.

Pengamatan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Karena pada umumnya jet yang dipancarkan dianggap akan berasal dari kutub lubang hitam, namun jet ini dipancarkan menuju arah yang berbeda pada rentang waktu yang begitu cepat berubah, dan pada kecepatan hingga 60 persen dari kecepatan cahaya.

Miller Jones mengatakan perubahan dalam pergerakan jet disebabakan oleh piringan akresi — piringan di sekitar lubang hitam, selebar 10 juta kilometer, dan bagian terdalam membengkak beberapa ribu kilometer dan bergetar selama ledakan yang hebat.


“Bagian dalam dari piringan akresi adalah presesi (perubahan orientasi sumbu perputaran) dan secara efektif menarik jet di sekitarnya,” katanya. “Anda bisa membayangkan seperti goyangan dari gasing yang berputar-putar saat melambat — hanya dalam kasus ini, goyangan itu disebabkan oleh teori relativitas umum Einstein.”

Dalam teorinya tentang relativitas umum, Einstein memprediksikan efek yang disebut frame-dragging. Saat berputar, medan gravitasi lubang hitam berputar begitu kuat, sehingga pada dasarnya menyeret ruangwaktu bersamanya. Namun, para ilmuwan tidak mengetahui mekanisme secara lebih pasti di balik peristiwa jet ini.

Mereka berpikir material yang berada di bagian terdalam dari piringan akresi disalurkan di sepanjang garis medan magnet lubang hitam, yang bertindak sebagai pemercepat partikel sebelum diluncurkan dengan kecepatan luar biasa.

Rekan penulis studi Alex Tetarenko, dari Uneversity of Alberta, mengatakan kecepatan jet-jet itu berubah arah berarti para ilmuwan harus menggunakan pendekatan yang berbeda dari kebanyakan pengamatan melalui teleskop radio.

“Biasanya, teleskop radio menghasilkan gambar tunggal dari beberapa jam pengamatan,” jelasnya. “Tapi jet-jet ini berubah sangat cepat sehingga dalam empat jam kami melihat gambarnya benar-benar kabur.

Rasanya seperti mencoba mengambil gambar air terjun dengan kecepatan rana satu detik. ” Untuk mengatasi tantangan tersebut, para peneliti mengambil serangkaian 103 gambar yang masing-masing mengambil sekitar 70 detik.

Miller-Jones dan Tetarenko kemudian memimpin upaya-upaya untuk menggabungkan gambar-gambar tersebut menjadi video yang terus-menerus — tugas yang sulit, karena setiap gambar memerlukan analisisnya sendiri yang cermat — tetapi hasilnya sepadan dengan usaha itu, menggambarkan perilaku lubang hitam yang unik dan tidak biasa.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Berikan Opini Anda Mengenai Artikel Yang Baru Anda Baca Melalui Komentar!

detikNews

GilaBola+

Berita Utama

Contact Form

Name

Email *

Message *

Kategori Berita

Pilpres 2019+

Tag Populer

detikcoy

detikcoy
detikcoy

Tag Populer

Video Terpopuler

Fokus

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama dan halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari tampilan seluler, akan tampil iklan di urutan nomor 2 dari atas apabila dilihat di halaman depan, dan akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman posting.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 250px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama dan tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari smartphone, akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman depan.

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Most Popular

Follow Us

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Posting

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini hanya akan tampil pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Ads 720 x 90

Most Popular