SITUS KAMI PINDAH KE
Namina Kiky

Sunday, April 28, 2019

Masuk SMA atau SMK? Ini Kelebihan dan Kekurangan SMA dan SMK


Masuk SMA atau SMK? Ini Kelebihan dan Kekurangan SMA dan SMK - Sebentar lagi ujian kelulusan akan digelar serentak di seluruh Indonesia. Kalian yang akan melanjutkan pendidikan dari SMP ke sekolah lanjutan tingkat atas biasanya sedang diserang rasa galau. Galau mau masuk SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah (MA).

Supaya kalian tidak galau, kami akan membahas kelebihan SMA dan SMK, serta perbedaan di antara keduanya. Setelah membaca informasi ini dijamin kalian tidak akan galau lagi. Yuk, segera disimak informasinya.

1. Kurikulum SMA dan SMK


Materi pelajaran SMA memang dirancang bagi kalian yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Pelajarannya bersifat teoretis dan harapannya setelah lulus dari jenjang perkuliahan kalian akan menjadi akademisi atau orang yang ahli di bidang ilmu pengetahuan yang kalian ambil.

Penjurusan di SMA biasanya dikategorikan menjadi tiga yaitu, IPA, IPS, dan Bahasa. Adapun materi pelajaran di SMK lebih mengedepankan praktik dan membuat lulusannya siap bekerja. Bukan berarti kalian yang di SMK tidak belajar teori ya, hanya saja bobot pelajaran teori lebih rendah daripada pelajaran praktik.

Bukan berarti juga kalian yang memilih bersekolah di SMK tidak bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Kalian malah bisa punya tiga pilihan setelah lulus SMK yaitu melanjutkan kuliah, berwirausaha, atau kerja di sektor industri. Pelajaran di SMK sendiri sudah fokus pada minat bidang yang kalian pilih.

Misalnya, akuntansi, multimedia, rekayasa perangkat lunak, perhotelan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pahami minat dan bakat kalian dulu sebelum memutuskan masuk SMA atau SMK

2. Relasi Bisnis Vs Alumni


Jaringan alumni sekolah berperan besar dalam menentukan karier kalian ke depan. Kalau kalian masuk SMA, jaringan alumni kalian akan sangat luas sekali.

Terlebih dalam satu angkatan di SMA tentunya banyak yang masuk ke universitas top yang ada di Indonesia dan mengambil berbagai jurusan yang berbeda. Tak menutup kemungkinan alumni SMA kalian juga ada yang kuliah di luar negeri.

Apabila kalian memilih SMK, maka selain pengalaman bekerja kalian juga mendapatkan relasi bisnis sejak usia remaja. Relasi bisnis ini akan sangat bermanfaat apabila kalian berencana untuk membuka usaha sendiri.

Jaringan alumni SMK bukannya tidak luas lho, skalanya hanya lebih sempit saja jika dibandingkan dengan jaringan alumni SMA.

3. Mudah Mendapatkan Kerja


Tidak dapat dimungkiri bahwa dunia industri dan pelaku usaha banyak yang membutuhkan lulusan SMK daripada lulusan SMA. Hal ini dikarenakan lulusan SMK sudah siap kerja, sedangkan lulusan SMA masih harus menempuh pendidikan lagi sebelum dinyatakan benar-benar siap masuk dunia kerja.

Terlebih lagi dalam materi sekolahnya, SMK juga menyertakan pengalaman magang sebagai bagian kurikulumnya. Biasanya kalau kinerja dan nilai sekolahnya bagus, mereka yang bersekolah di SMK setelah lulus bisa segera mendapat pekerjaan. 

Mereka seringkali ditarik sebagai karyawan di tempat mereka magang sebelumnya karena sudah terbukti kualitas kerjanya. Nah, kalau tujuan kalian melanjutkan sekolah supaya bisa dapat langsung bekerja, daripada masuk SMA lebih baik kalian masuk SMK.

4. Biaya Pendidikan SMA Lebih Murah


Melanjutkan pendidikan tidak bisa lepas dari yang namanya biaya. Biaya masuk SMA bisa lebih murah daripada SMK karena siswa SMA tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk praktikum.

Sebaliknya, mereka yang sekolah di SMK biasanya harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli alat-alat praktikum yang tidak disediakan oleh sekolah. Selain itu siswa SMK juga harus mengikuti berbagai uji kompetensi yang mana biaya pendaftarannya biasanya harus mereka tanggung sendiri.

Nah, itu dia 4 perbedaan antara SMA dan SMK. Pasti sudah tidak galau lagi kan setelah membaca penjelasan di atas. Masuk SMA ataupun SMK sebenarnya sama saja. Kalian akan sama-sama belajar hal-hal baru, perbedaan mendasarnya lebih kepada cara belajar dan tujuan akhir setelah lulus nanti. Untuk mempermudah memilih sekolah, coba bayangkan tujuan jangka pendek kalian 5 tahun ke depan.

Biasanya tujuan jangka pendek ini akan mempermudah kalian dalam menentukan pilihan masuk SMA ataupun SMK. Selamat memilih!

No comments:

Post a Comment

Berikan Opini Anda Mengenai Artikel Yang Baru Anda Baca Melalui Komentar!

detikNews

GilaBola+

Berita Utama

Contact Form

Name

Email *

Message *

Kategori Berita

Pilpres 2019+

Tag Populer

detikcoy

detikcoy
detikcoy

Tag Populer

Video Terpopuler

Fokus

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama dan halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari tampilan seluler, akan tampil iklan di urutan nomor 2 dari atas apabila dilihat di halaman depan, dan akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman posting.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 250px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama dan tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama. Iklan yang ditaruh di sini apabila dilihat dari smartphone, akan tampil di iklan nomor 3 (paling bawah) apabila dilihat di halaman depan.

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Most Popular

Follow Us

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Posting

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman posting. Iklan yang ditaruh di sini hanya akan tampil pada tampilan desktop.

Iklan Halaman Depan

Masukkan kode iklan di sini. Diwajibkan iklan ukuran 300px x 250px. Iklan ini hanya akan tampil di halaman utama pada tampilan desktop.

Ads 720 x 90

Most Popular