Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Fenomena Budaya Asing Masuk Indonesia, Budaya Indonesia Bisa Punah!


Fenomena Budaya Asing Masuk Indonesia, Budaya Indonesia Bisa Punah! - Halo sobat INDOCIRCLE, kali ini kita akan beropini mengenai banyak nya budaya asing yang masuk indonesia, Zaman sekarang siapa sih yang tidak tahu Drama Korea, Musik K-POP, Anime Jepang atau Budaya Barat?

Ini merupakan contoh paham budaya asing yang masuk ke indonesia, namun apakah kita tahu kalau Budaya Asing itu berpengaruh keberlangsungan bangsa kita?

Budaya Asing menjadi salah satu senjata negara Lain untuk menyebarkan budaya dan paham mereka, dan bisa dikatakan imperialisme budaya Apa itu Imperialisme Budaya?

Menurut KBBI, imperialisme budaya adalah pandangan mengenai adanya kebudayaan asing yang lebih kuat yang mendominasi suatu golongan masyarakat sehingga warganya kehilangan kepribadian dan indetitasnya.

Sehingga imperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin berkembang, dan negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media yaitu internet, dan negara-negara berkembang sangat rentan terpengaruh, salah satunya di Indonesia.

Indonesia sendiri sudah dianggap sebagai salah satu negara penting yang menjadi target penyebaran kebudayaan negara asing, kenapa ? karena negara Indonesia adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. Sehingga dengan memvirusnya budaya K-pop, Jepang dan Barat di Indonesia menjadikan negara kita tidak mempunyai jati diri serta kepribadian bangsa dan tidak mempunyai identitas yang jelas.

Hampir 89% Remaja Indonesia terjangkit budaya luar, dan budaya negara nya sendiri malah dibiarkan tidak dilestarikan.

Pencak silat diganti Taewondo, Musik Tradisional diganti K-pop, Angklung di

Jadi, K-Pop Budaya Jepang, Barat dll memberikan pengaruh yang besar pada segi budaya di Indonesia saat ini. Trend budaya asing pun hanya mengedepankan gaya Negara Mereka saja sehingga menyebabkan remaja atau anak muda di negara Indonesia tidak mempunyai jati diri karena budaya bangsa nya sendiri mulai memudar dan tergeser oleh trend saat ini.

Kita harus menonjolakan kebudayaan sendiri di Indonesia, dan juga tentunya mengkritisi budaya luar.

Berikut ini adalah beberapa cara mempertahankan kebudayaan Indonesia agar tidak terpengaruh oleh kebudayaan asing yang bersifat negatif .

  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dan kebudayaan dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
  3. Selektif terhadap kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia.
  4. Memperkuat dan mempertahankan jatidiri bangsa agar tidak luntur.

Pahlawan kita yang terdahulu berjuang agar kita tidak dijajah oleh negara lain, namun kenapa kita Sebagai rakyat indonesia yang tidak ikut berperang melawan negara lain malah mencintai budaya negara lain?
Daniel Dwi Adrian
Seorang pria yang suka dengan sejarah dan juga internet, tertarik pada ideologi, politik, dan militer.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter