Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Di Negeri Sendiri Dilupakan, 4 Budaya Kita Ini Disukai di Negara Lain


Di Negeri Sendiri Dilupakan, 4 Budaya Kita Ini Disukai di Negara Lain - Di zaman yang maju ini memang pengaruh dari luar lebih cepat masuknya. Mau bagaimana lagi, namanya era globalisasi memang tak bisa dibendung jika ingin maju. Tetapi sayang hal ini kadang juga berdampak buruk bagi masyarakat. Nah contohnya mulai sedikitnya pemuda Indonesia yang doyan dengan budayanya sendiri karena dianggap kuno.

Siapa sangka kalau hal ini sangat berkebalikan dengan yang ada di luar. Bagaimana tidak, mereka ternyata menyukai budaya-budaya Indonesia. Tak sampai situ, beberapa kultur negeri kita sampai dijadikan mata pelajaran di sekolah-sekolah. Hmm, tentu hal ini membanggakan ya.

Lalu budaya apa saja yang sampai dijadikan mata pelajaran itu? Simak ulasannya berikut.

Kuliner dan fashion nusantara yang ternyata mendunia


Umumnya orang Indonesia hanya menganggap kuliner atau baju adat nusantara minim dengan peluang usaha. Apalagi mengingat saat ini globalisasi yang mulai masuk sehingga banyak anak mudanya yang lebih memilih gaya luar negeri. Namun siapa sangka keadaan berbeda malah terlihat di luar negeri.

Dilansir dari Merdeka, dua lembaga pendidikan Australia, AFE SA dan Sekolah Bisnis Salford College of Business and Hospitality, memasukkan kuliner dan fashion Indonesia sebagai salah satu mata pelajarannya. Selain karena unik dan menarik, alasan sekolah ini mempelajari budaya Indonesia adalah agar dua negara tetangga ini semakin dekat.

Di London, Angklung jadi mata pelajaran yang digemari


Bukan rahasia lagi kalau musik angklung itu diminati banyak orang, termasuk juga orang-orang di luar negeri sana. Musik ini memang menarik sih terutama karena harmoni dan alatnya yang mungkin tak ada duanya. Nah, soal angklung, siapa sangka musik ini juga jadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah di Inggris.

Havering Music School di London Timur dan Whitefield School di London Utara tercatat memasukkan angklung sebagai mata pelajarannya. Awal ceritanya kenapa bisa begitu adalah karena KBRI menghadiahi alat musik tersebut. Baru setelahnya angklung jadi pelajaran di sekolah-sekolah tersebut.

Siswa-siswa di sana cukup hebat lho mainnya. Jadi pelajari juga angklung kita biar nggak kalah hebat dari mereka.

Rusia juga doyan belajar budaya kita loh


Mungkin sudah jadi rahasia umum ya di mana hubungan Rusia dan Indonesia memang adem ayem. Selain adanya kedekatan hubungan mulai zaman dulu, ternyata kedua negara ini juga doyan mempelajari budaya satu sama lain. Salah satu buktinya adalah seorang pengajar Indonesia, Giri Maulana yang ternyata sempat mengajar di High School of Economics Moscow, Rusia.

Ternyata beliau tidak hanya mengajar bahasa Indonesia loh, di sana dirinya juga mengajari muridnya seni musik, rupa, tari dan IT. Dan tentu semua selalu berhubungan dengan Indonesia. Kalau budaya kita sampai ke negeri beruang merah, bangga juga ya.

Permainan khas Indonesia di negeri Kanguru

Lagi-lagi Australia yang ternyata benar-benar menunjukkan ketertarikannya belajar budaya Indonesia. Bagaimana tidak setelah kuliner dan fashion, siapa sangka sekarang permainan khas Indonesia juga dipelajari. Ya tepatnya congklak adalah salah satu yang sering dimainkan dan diajarkan di sana. SD Marlborough Angie O’Hare mungkin jadi salah satu penggagas akan hal unik ini.

Tidak hanya permainan khas negara kita, segala budaya lain serta bahasa Indonesia pun diajarkan di sana. Jadi jangan kaget kalau nanti nuansa khas tanah air jelas terasa di sana, meskipun kebanyakan yang main pun berwajah bule. Bangga juga lihatnya ya.

Tentu sebagai warga Indonesia ada sebuah kebanggaan tersendiri akan hal ini. Namun di balik itu semua kita juga harus lebih semangat dalam mempelajari budaya negeri sendiri. Lah mau bagaimana lagi, orang luar saja salut, masak yang punya tak peduli.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter