Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

9 Ciri - Ciri Ini Membuktikan Kalau Kamu Itu Cerdas!


9 Ciri - Ciri Ini Membuktikan Kalau Kamu Itu Cerdas! - Ada banyak hal yang akan mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang, di mana berbagai hal ini mungkin saja tidak disadari selama ini. Pada dasarnya, pintar atau tidaknya seseorang tidaklah selalu identik dengan kemampuan akademiknya saja, sebab sejumlah faktor lainnya juga bisa dijadikan sebagai ukuran dalam hal ini.

Lalu, apakah Anda termasuk ke dalam salah satu orang pintar tersebut? Jika selama ini Anda tidak menyadari atau bahkan tidak pernah berpikir tentang seberapa pintar sebenarnya Anda, maka cobalah untuk mengenali berbagai ciri-ciri orang pintar yang terdapat di dalam diri Anda.

Hal ini tidak akan sulit untuk dilakukan, sebab beberapa ciri ini bahkan bisa dikenali dengan mudah oleh siapapun.

Simak 9 ciri-ciri orang pintar berikut ini, barangkali beberapa di antaranya terdapat di dalam diri Anda:

1. Senang Bertanya tentang Berbagai Hal


Ada banyak sekali orang yang memiliki minat yang cukup besar untuk bertanya, bahkan hal ini pada umumnya telah terlihat sejak mereka masih anak-anak.

Begitu banyak pertanyaan yang kerap dilontarkan, mulai dari yang sederhana, rumit, atau bahkan yang sering membuat hati jengkel sekalipun.

Tidak masalah jika hal ini hanya terjadi sesekali saja, namun pada umumnya berbagai pertanyaan ini akan terlontar kapan dan di mana saja. Jengkel dan malas, mungkin inilah yang akan dirasakan oleh orang di sekitar Anda, ketika mereka dihadapkan pada sejumlah pertanyaan Anda yang seringkali membingungkan.

Namun jangan salah, minat yang sangat tinggi untuk bertanya ini adalah salah satu ciri yang menandakan sikap rasa ingin tahu yang besar dan ini biasanya ditunjukkan oleh orang pintar.

2. Bisa Menerima dan Mengakui Kesalahan Sendiri


Yang pintar tidak selalu keras kepala dan ingin menang sendiri. Namun orang pintar juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, bahkan atas kesalahan yang mereka lakukan sendiri. Mereka akan berpikir dan mencoba menyadari apa saja yang telah terjadi dan dialami, sebelum akhirnya menerima dan mengakui kesalahan yang telah mereka lakukan. Ini adalah bentuk pertanggung jawaban yang tidak akan dimiliki oleh setiap orang.

3. Memiliki Selera Seni yang Baik


Tidak selamanya orang pintar hanya akan bergelut dengan matematika dan ilmu logika saja, sebab pada dasarnya orang yang pintar juga memiliki kemampuan yang baik di bidang seni.

Mereka mampu menggambarkan berbagai imajinasi yang mereka miliki ke dalam berbagai bentuk karya seni, termasuk di bidang musik dan juga kreativitas lainnya yang membutuhkan pemahaman khusus.

Ini adalah bentuk kemampuan berpikir yang kompleks, sebab tidak semua orang dapat merasakan dan menikmati seni itu sendiri, bahkan turut serta menjadi pelaku di dalamnya.

4. Kecerdasan Emosional


yang Seimbang Untuk melengkapi kemampuan berpikir yang baik, seseorang tentu harus memiliki kecerdasan emosi yang seimbang. Tidak berlebihan dan tidak juga kurang.

Hal ini akan membantu orang tersebut untuk bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengendalikan emosi yang terdapat di dalam dirinya, sehingga semua kemampuan yang terdapat di dalam dirinya dapat disalurkan dengan baik dan tepat.

5. Suka Memikirkan dan Mengerjakan Sesuatu dengan Maksimal


Terganggu dengan hal-hal yang mengganjal di pikiran, ingin membuat sesuatu yang tak kunjung selesai, atau bahkan tidak bisa terpejam hanya karena belum menyelesaikan sebuah pekerjaan? Hal-hal seperti ini sering menjadi alasan orang pintar untuk begadang, bahkan meski mereka sebenarnya bisa saja melakukannya keesokan harinya.

Pada umumnya, orang pintar termasuk ke dalam kategori orang yang perfeksionis, di mana mereka ingin segala sesuatunya selesai dengan sempurna, tidak tanggung dan setengah jalan saja.

6. Berani Gagal dan Mampu Bangkit Kembali


Yang berani gagal mungkin banyak sekali, namun seberapa banyak orang yang mampu segera bangkit dan memperbaiki diri dari kegagalan yang mereka alami? Inilah yang dilakukan oleh orang pintar, di mana mereka berani mengambil risiko, termasuk kegagalan.

Jika sewaktu-waktu mereka gagal, dengan sigap mereka akan belajar dan segera bangkit dengan langkah yang lebih baik dari sebelumnya. Yang gagal banyak, namun yang bisa belajar dari kegagalan adalah mereka yang pintar saja, bukan?

7. Sulit Percaya dan Selalu Curiga pada Berbagai Hal


Yang satu ini mungkin akan sedikit menjengkelkan, bahkan meski ini terjadi pada berbagai hal kecil di sekitar Anda.

Orang pintar bukanlah sosok yang mudah diyakinkan begitu saja, sebab mereka pada umumnya memiliki tingkat kecurigaan yang cukup besar pada berbagai hal yang mereka dengar, apalagi yang bersifat kurang meyakinkan.

Mereka juga selalu ingin melihat sesuatu dengan menggunakan logika mereka, sehingga tidak akan mudah untuk membuat mereka percaya pada hal-hal yang tidak didukung oleh fakta yang kuat dan jelas.

8. Merasa “Terasing” dan Kurang Nyaman


Meski berada di antara komunitas yang selalu ada bersama dengan mereka, namun orang pintar bisa saja merasa terasing dan tidak nyaman saat bergabung di sana. Hal ini bahkan bisa saja kerap dirasakan, di mana mereka tidak menemukan minat dan juga obrolan yang pas dan sepadan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

9. Berpikir sebelum Bertindak


Meski pintar, bukan berarti bisa mengambil keputusan dengan mudah dan terburu-buru. Orang pintar akan selalu memikirkan setiap tindakan yang akan dilakukannya, sebelum akhirnya mereka bertindak dan melakukan sesuatu yang dianggapnya perlu.

Sebagian orang justru kerap melihat hal ini sebagai sebuah kelemahan, sebab sikap ini dianggap sebagai bentuk ketidakmampuan untuk mengambil keputusan “ekspres” atas berbagai hal yang sedang dihadapi.

Namun, jika dilihat lebih dalam lagi, ini justru menjadi sebuah langkah yang cerdas dan aman, di mana berbagai risiko dan juga hal buruk yang mungkin dihadapi nanti sudah dipikirkan dengan matang sejak awal.

Bahkan Anda Mungkin Saja Tidak Menyadarinya Pintar atau tidaknya seseorang kerap dihubungkan dengan kemampuan akademik yang dimilikinya. Hal ini tentu tidak selalu benar, sebab seseorang bisa saja pintar dan memiliki kemampuan yang baik di bidang lainnya. Kenali ciri-ciri orang pintar yang terdapat di dalam diri Anda, sebab bisa saja Anda tidak pernah menyadari betapa pintarnya diri Anda.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter